Frequently Asked Questions (FAQs)

MIP adalah singkatan dari Magister Ilmu Pemerintahan. MIP ini adalah program pendidikan jenjang Strata Dua (S2) atau program Pascasarjana tingkat Magister. MIP berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul), Samarinda, Kalimantan Timur.

Mulai tahun lalu (2022), semua Program Pascasarjana (S2/Magister dan S3/Doktor) di Universitas Mulawarman melakukan penerimaan mahasiswa baru hanya satu kali dalam setahun.

Sama seperti perkuliahan program Pascasarjana lain di Unmul, pendaftaran dan seleksi penerimaan dilakukan pada bulan Februari-Juni. Perkuliahannya dimulai bulan Agustus.

Boleh. Untuk itu, sebelum perkuliahan utama dimulai pada bulan Agustus, diselenggarakan perkuliahan matrikulasi atau perkuliahan pengantar agar semua mahasiswa mendapatkan dasar-dasar Ilmu Pemerintahan dan dasar-dasar untuk riset dan penulisan karya ilmiah.

Lihat di link Kontak.

MIP membuka kelas Reguler Pagi, yang perkuliahannya pada pagi dan siang hari. Kelas ini ditujukan untuk mahasiswa fresh graduate (mahasiswa s1 yang baru tamat) atau full time students. Tujuannya adalah agar nanti MIP bisa menjadi Program Studi Tujuan Beasiswa LPDP karena Beasiswa LPDP diperuntukkan bagi Kelas Reguler. Namun untuk mencapainya, kelas Reguler Pagi harus eksis terlebih dahulu, baru setelah itu akan diusulkan ke LPDP.

MIP juga akan membuka kelas Sore-Malam/Weekend, yang perkuliahannya dilakukan pada Sore-Malam atau weekend. Di universitas-universitas lain, kelas ini disebut sebagai Kelas Eksekutif, Kelas Karyawan, atau Kelas Khusus.

Kelas Reguler Pagi: Rp 6.500.000,00 per Semester.
Kelas Sore-Weekend: Rp 8.500.000,00 per Semester

  • Hits: 380

Frontpage

Perusahaan Teknologi

  • Hits: 185