LECTURE SERIES #1

Magister Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas Mulawarman melakukan kegiatan Lecture Series #1 yang temanya terkait "EKOFEMINISME DAN POLITICAL ECOLOGI DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM" selaku Dosen Pengampu mata kuliah Politik Kebijakan dan Sumber Daya Alam yaitu Bapak Dr. Jauchar B, SIP., M.Si kemudian di dampingi oleh Dosen luar yakni ibu Dr. (C) Warkhatun Najidah, S.H., M.H (Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman) dan ibu Dr. Ana Sabhana Azmy, M.I.P (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui via Zoom) peserta di ikuti oleh mahasiswa kelas reguler dan kelas kelas Kerja Sama Magister Ilmu Pemerintahan Fisip Unmul dengan Kabupaten Mahakam Ulu. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan atau pemahaman terkait mata kuliah politik kebijakan dan sumber daya alam dari pandangan Ekofeminisme.

KEGIATANLECTURERSERIES

  • Hits: 34

PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2024

Penerimaan mahasiswa baru Magister Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman tahun 2024 telah dibuka, dan pendaftaran dilakukan secara online melalui link yang disediakan oleh universitas berikut langkah-langkahnya :

BIAYA PENDAFTARAN
1. Biaya Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru adalah Rp 175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah). Biaya pendaftaran ini sama untuk semua program Pascasarjana (S2 & S3) di Universitas Mulawarman.
2. Menyerahkan hasil tes TOEFL/MU-EPT (Test of English as a Foreigh Language/Mulawarman University English Proficiency Test) adalah syarat dalam penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana. Biaya test TOEFL/MU-EPT adalah Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) yang harus dibayarkan langsung ke Balai Bahasa Unmul (Jl. Flores No. 1 Samarinda, https://balai-bahasa.unmul.ac.id). Test TOEFL/MU-EPT ini bisa dimulai dari sekarang, (karena antrean panjang, pendaftaran untuk mengikuti test TOEFL/MU-EPT dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya).


PERSYARATAN DOKUMEN UNTUK DIUPLOAD

Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk diupload guna mendapatkan Account pendaftaran adalah sbb:
1. Scan Ijazah S1 (file *.jpg, besar file max 256 kb)
2. Scan Transkrip S1 (file *.jpg, besar file max 256 kb)
3. Pasfoto resmi (file *.jpg, besar file max 256 kb)
4. Berkas Pendukung dari Prodi MIP (file *.pdf, besar file max 1 MB). Download file .docx di sini (setelah diisi/dilengkapi, ubah menjadi file PDF).


TEMPAT PENDAFTARAN
Pendaftaran dilakukan secara online di URL: https://pmb.fisip-unmul.ac.id


LANGKAH-LANGKAH PENDAFTARAN

Langkah-langkah  pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi situs https://pmb.unmul.ac.id pastikan anda melihat link "S2 - ILMU PEMERINTAHAN Detail Info Pendaftaran"
2. Di menu sebelah kiri klik Pembuatan Account, lalu klik S2 (Magister), maka akan tampil form sbb:
form1

form2
3. Isi form sesuai data yang diminta, upload file-file di atas, dan klik Buat Account.
Catatan:
 Jika di Data Riwayat Pendidikan anda memilih "Ya" untuk Perguruan Tinggi Terakreditasi namun nama Pergururan Tinggi anda tidak tampil, maka pilih "Tidak" dan isi secara manual (ketik) nama Perguruan Tinggi anda. Panitia akan memvalidasi dari ijazah yang diupload.

4. Buka email yang isinya seperti di bawah ini. Gunakan info Account dan Password untuk login.
sc akunberhasil

5. Tunggu sampai data anda divalidasi oleh Panitia. Data ijazah, transkrip, pasfoto, dan berkas pendukung akan dicek, dan jika valid maka Panitia akan memvalidasi dan anda akan menerima email yang isinya seperti di bawah ini.
sc akuntelahdivalidasi
Catatan:
- Jika Account anda lama tidak tervalidasi (lama tidak menerima email yang isinya seperti di poin 5), hubungi WA: 0811-5809-979

6. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank mitra Unmul. Untuk info bank mitra Unmul, klik link Cara Pembayaran di web https://pmb.unmul.ac.id). Simpan bukti pembayaran.
7. Masuk ke web https://pmb.unmul.ac.id dan klik link Pendaftaran di menu sebelah kiri
8. Masukkan/login dengan Account dan Password tersebut di atas serta masukkan kode keamanan (di gambar contoh: SU84)
login2

Jika berhasil login akan tampil pesan sebagai berikut:
selamatdarang

9. Di menu kiri, klik link Pendaftaran dan ikuti perintah selanjutnya.
Jika pendaftar belum membayar Biaya Pendaftaran maka akan tampil pesan sebagai berikut:
belumbayar

10. Jika proses pendaftaran selesai/sukses, peserta akan mendapatkan kartu/bukti peserta ujian.
11. Untuk pelaksanaan ujian tulis, tes TOEFL, wawancara dan pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Magister/S2 Ilmu Pemerintahan (MIP), lihat jadwal di bawah ini.
12. Untuk info-info update, kontak nomor WA MIP, kunjungi website PMB Unmul, serta Instagram dan Website MIP Fisip Unmul (lihat di link Kontak).

Catatan:

a. Jika gagal mendapatkan Account, cek kembali besar file yang diupload. Jika besar file sudah sesuai ketentuan, ulangi langkah mengupload file. 
b. Jika masih ada kendala, hubungi WA MIP: 0811-5809-979


leaflet MIP 2024 page 0001

 

 leaflet MIP 2024 page 0002

 

 

 

  • Hits: 94