Integrated Library System

digilib2Perpustakaan Fisip Unmul menggunakan sistem perpustakaan terintegrasi (Integrated Library System, ILS) dimana perpustakaan-perpustakaan Fakultas dan Program Studi (S1 dan S2) yang secara fisik terpisah diintegrasikan ke dalam satu sistem penginputan, pemesanan koleksi (booking) dan peminjaman. 

Perpustakaan ILS Fisip Unmul memiliki koleksi-koleksi buku atau referensi tercetak (hard copy) dan file-file digital, berupa ebooks, skripsi digital, dan tesis digital. File-file digital ini bisa diakses/dibaca di web perpustakaan asalkan pembacanya telah menjadi anggota perpustakaan.

Mahasiswa MIP sebagai mahasiswa S2 di Fisip Unmul juga memiliki akses ke ILS Fisip Unmul sehingga nantinya bisa meminjam buku hardcopy dan membaca ebooks dan file-file tesis. Tampilan ILS Fisip Unmul di https://library.fisip-unmul.ac.id adalah sebagaimana gambar  di bawah ini:

library

Bagi nahasiswa yang ingin meminjam/membaca koleksi perpustakan tersebut, yang bersangkutan harus menjadi member terlebih dahulu. Syarat pendaftaran sebagai anggota sangat simpel, yakni mengupload KRS aktif dan pasfoto di web yang disediakan. Alurnya adalah:
1. Masuk ke website https://perpus.fisip-unmul.ac.id/mhs/
2. Di menu Login, klik Regitrasi untuk bisa login.
3. Setelah akunnya aktif lalu Login
4. Setelahg login, di menu Pendaftaran Anggota, klik Formulir Pendaftaran
5, Isi formulirnya, terutama isi Username dan Password (bisa baru), lalu Submit. Selesai.
6. Lalu tunggu untuk diperoses oleh staf perpustakaan.
7. Cek apakah keanggotaan sudah aktif dengan mengklik menu Pendaftaran Anggota, lalu klik List Pendaftar. Lihat "Status Berkas" (apakah sudah Lengkao) dan "Status Digital Library" (apakah Sudah Nisa Login).
8. Jika ada masalah tentang login, hubungi WA Official yang ada di web pendaftaran tersebut.

 

  • Hits: 362