Fasilitas

serbagunaUnmul dan Fisip Unmul memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan akademik dan non akademik para mahasiswanya, termasuk mahasiswa Program Magister Ilmu Pemerintahan (MIP). Beberapa fasilitas di antaranya:
1. Perpustakaan Pusat Unmul
2. Perpustakaan Fakultas (Integrated Library System)
3. Smart Library Fisip Unmul
4. Internet Broadband di kampus Unmul dengan kecepatan 3 Gbps (Telkom).
5. Masjid Unmul
6. Musholla Fisip Unmul
7. Ruang kantor dan kelas yang representatif
8. Ruang Seminar yang representatif
9. Ruang rapat dan raung serbaguna yang representatif
10. Tiga ruang pertemuan berbentuk teater/bioskop (Unmul)
11. Tempat parkir luas
12. Zoom
13. Laboratorium komputer
14. Sistem Informasi Akademik yang terintegrasi dengan PDDikti
15. 11 Jurnal (Prodi dan Fakultas)
16. Cafe
17. dsb.

  • Hits: 293

Smart Library

smartlibraryGuna mengikuti perkembangan teknologi, Fisip Unmul sekarang memiliki Smart Library yang bisa digunakan oleh semua mahasiswanya, baik yang S1 maupun S2.  Smart Library ini khusus mengkoleksi buku-buku digital yang dibeli dari PT. Gramedia. Pembelian awal adalah 750 judul buku, dan setiap tahun akan ditambah. Tahun 2023 ini jumlah koleksi akan melampaui angka 1000 buku digital yang dibeli di PT Gramedia. Mahasiswa yang menyumbang buku juga sekarang diarahkan untuk menyumbang buku-buku digital sesuai pilihan mahasiswa sehingga akan makin menambah jumlah koleksi.

Koleksi-koleksi dalam Smart Library itu secara eksklusif untuk diakses (dipinjam dan dibaca) dengan Gadget Android, baik Smartphones maupun Tab. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa mengakses referensi-referensi tanpa memandang waktu dan jarak. Untuk mengaksesnya, perlu didownload terlebih dahulu aplikasinya di Google Play atau Play Store besutan Google. Untuk mendownload aplikasinya, masukkan kata kunci "Fisip Unmul" atau "Smart Library Fisip Unmul" di fitur pencarian Play Store. Setelah terdownload, pengguna harus login ke aplikadi tersebut. Untuk bisa login, harus menjadi member terlebih dahulu.

Mahasiswa MIP juga memiliki akses ke Smart Library ini untuk meminjam/membaca koleksi-koleksi yang ada di dalamya. Untuk mendapatkan akses ke koleksi-koleksi tersebut, mahasiswa MIP haru mendaftar terlebih dahulu menjadi member untuk mendapat akun loginnya.

Setelah bisa login, user bisa meminjam dan membaca buku-buku Gramedia. Tiga hari setelah dipinjam/dibaca, secara otomatis buku pinjaman akan dikembalikan (hilang dari daftar pinjaman).  Tampilan Smart Librarynya seperti dalam gambar berikut.

smartlib2   smartlib3    smartlib4    smartlib5
Ket. Gambar: 1) Daftar buku digital, 2) Siap dipinjam (klik Borrow), 3) Terdownload (downloading), 4) Siap dibaca (klik Read)

 Bila sudah menjadi member di Integratef Library System sebagaimana dijelaskan di sini, pengguna tdak perlu lagi mendaftar. Yang bersangkutan tinggal mengecek  status keanggotaannya di kolom  "Smart Library" apakah sudah bisa login atau belum.

Jika belum pernah mendaftar baik di Integrated Library System maupun di Smart Library, alur pendaftaran menjadi anggota Smart Library adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke website https://perpus.fisip-unmul.ac.id/mhs/
2. Di menu Login, klik Registrasi untuk bisa login.
3. Setelah akunnya aktif lalu Login
4. Setelahg login, di menu Pendaftaran Anggota, klik Formulir Pendaftaran
5, Isi formulirnya, terutama isi Username dan Password (bisa baru), lalu Submit. Selesai.
6. Lalu tunggu untuk diperoses oleh staf perpustakaan.
7. Cek apakah keanggotaan sudah aktif dengan mengklik menu Pendaftaran Anggota, lalu klik List Pendaftar. Lihat "Status Berkas" (apakah sudah Lengkap) dan "Smart Library" serta "Digital Library" (apakah Sudah Bisa Login). Jika Status Berkas sudah "Lengkap" dan di kolom Smart Library dan Digital Library *(ntegrated Library) tertera "Sudah bisa login", berarti akunnya sudah bisa dugunakan.
8. Jika ada masalah tentang login, hubungi WA Official yang ada di web pendaftaran tersebut.

 

 

  • Hits: 613